Senin, 03 Januari 2011

Flash backpaking #part 1

Apa sih flash backpacking? Menurut gue flash backpacking adalah perjalanan singkat, mendadak tanpa rencana sebelumnya, tanpa kenal sebelumnya daerah yang dituju, dengan biaya seminimal mungkin, dan perjalananini tentunya punya tujuan tersendiri, yaitu mencari atau mengunjungi tampat atau event yang berada di kota tujuan.

Langsung aja, first experience: explore semarang. Berawal dari acara jalan jalan gw sama temen temen sehabis pengumuman kelulusan UN. Waktu itu kami lagi ada di daerah kwitang, lagi ngobrol ngalor ngidul entah siapa duluan yang mulai tiba tiba ada celetukan “jalan nyok ke semarang”. Walaupun ada adu argumen serta penolakan dari beberapa pihak :hammer: akhirnya diputuskan kita berangkat  ke st. Senen beli tiket kereta fajar utama tujuan semarang tawang untuk pemberangkatan tanggal 8 mei. Dan ternyata yang benar benar berangkat Cuma 2 orang.

8 mei 2010, pagi itu gw sama temen (sebutlah namanya putra) berangkat dari stasiun senen. Ternyata kereta yang gw naekin sempet beehenti di stasiun bekasi. Kalo tau gini mah mending tadi berangkat dari bekasi. Okelah yang penting udah di kereta. Dijalan gw sempet bingung ntar turun mau kemana dulu. Akhirnya ada inisiatif temen gw hubungin sodaranya yang tinggal di semarang buat jemput kami.

Tiba di semarang tawang jam setengah 4 langsung disambut pamannya putra. Dan ternyata kita dibawa kerumahnya di daerah tlogosari. Kebetulanwaktu itu malam minggu ada acara di simpang lima. Habis magrib langsung berangkat ke dalam kota diantar pamannya putra keliling menikmati kota semarang di malam minggu. Pertama kami diajak makan ayam goreng (yang mitosnya) paling enak di semarang, tapi gw lupa deh waktu itu nama tempatnya apa. Oke setelah itu kami menuju simpang lima, ternyata ada konser. Kami ga berlama lama disitu langsung diajak keliling kawasan kota lama. Puas berkeliling kami istirahat sambil duduk duduk menikmati malam tepat didepan toko wingko babad kereta api di jalan cendrawasih. Setelah puas berkeliling, kami “numpang” menginap dirumah saudaranya teman gw itu.

Besoknya ternyata kami diajak ke jepara, disana kami berwisata dengan mengunjungi sentra kerajinan ukiran jepara, sebelumnya kami diajak mampir di pasar kalinyamatan untuk membeli makanan. Puas keliling jepara, kita akhirnya pulang ke semarang. Berhubung Cuma bawa uang 150 ribu akhirnya gw mutusin pulang hari itu jugadengan pertimbangan 100ribu buat ongkos kereta, berarti 50ribu sisanya bisa buat jalan kemana lagi?

Tiba di semarang akhirnya langsung menuju stasiun tawang beli tiket. Ternyata tiket dibayarin sama pamannya putra. kami dibeliin tiket kereta senja utama malam ini jam setengah 8 malam. Berarti masih utuh nih duit gw. Akhirnya habis itu kami diantar ke pandanaran untuk beli oleh oleh. Lumayan bisa ngabisin duit tiket buat beli wingko sama jenang sebanyak banyaknya. Habis dari pandanaran udah jam 7 malam langsung berangkat menuju stasiun. Sampai di tawang udah setengah 8 lewat, dan pas banget gw masuk kereta langsung jalan keretanya. Lumayan lah keliling semarang + jepara gratis. Cuma habis 150ribu, itupun buat oleh oleh dirumah(ujung ujungnya dimakan sendiri)